اهلا وسهلا

Sebagaimana nama blog ini "Semangat Belajar", usia bukanlah pembatas seseorang untuk selalu belajar meningkatkan pengetahuannya. Tua, muda harus selalu semangat dalam belajar agar dirinya berkembang.

Kamis, 16 Mei 2013

BAB 2 : ASMAUL HUSNA MAPEL AQIDAH KELAS 3 SD/MI



ASMAUL HUSNA
Allah subhanahu wata’ala mempunyai nama-nama Allah yang mulia.

Nama-nama Allah yang mulia disebut dengan Asmaul Husna. Asmaul Husna di dalam Al-Quran ada 99 diantaranya Al Batin, Al Wali, Al Mujib, dan Al Wahhab. Asmaul Husna sangat baik kita baca ketika berdoa kepada Allah.
1.       Al- Batin
Allah memiliki sifat Al-Batin berarti yang Batin. Tidak ada seorang pun yang dapat melihat zat Allah.
لَا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ ۖ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ
Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.  (Qs.Al An’am : 103)

Allah  memiliki sifat Al Batin bermakna bahwa Allah dapat mengetahui sesuatu yang tersembunyi dari hambaNya. Ucapan, pikiran, bahkan niat kalian dalam hati diketahui oleh Allah. Kalian tidak dapat menyembunyikan sesuatu pun dari zat yang Batin.

2.       Al-Wali

    Al Wali artinya Maha Melindungi. Maha melindungi siapa saja yang ia kehendaki dan yang tidak dikehendaki-Nya. Allah akan melaknat orang yang meminta perlindungan selain kepada-Nya. Misalnya minta perlindungan kepada Dukun, atau tukang sihir dan lain-lain.
Kita tidak perlu takut jika ditimpa musibah atau diuji, karena Allah selalu ada disisi orang yang beriman.

Allah selalu menolong dan melindungi kita dari segala mara bahaya.
Perlindungan Allah tidak hanya bersifat fisik tetapi juga melindungi hati kita dari kesesatan dan menuntun ke jalan yang benar.

3.       Al Mujib
 
Al Mujib artinya Yang Maha memperkenankan Doa.
Allah mengabulkan doa dari siapa saja yang meminta kepadaNya. Orang yang berdoa kepada Allah berarti dia membutuhkan pertolongan Allah. Sebaliknya, orant yang tidak mau berdoa adalah cerminan dari orang yang sombong

4.       Al Wahhab
Al Wahhab artinya Maha Pemberi.Allah akan memberikan segala yang diminta oleh makhlukNya.

Setelah kita mempelajari materi diatas, sekarang waktunya untuk menguji potensi kita dengan berlatih soal-soal dibawah ini :

LATIHAN ONLINE

0 komentar:

Poskan Komentar

Temukan Kami Facebook Kami