MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN LECTORA INSPIRE

 on Minggu, 18 Agustus 2013  

Bagi Guru Multimedia Pembelajaran adalah bukan merupakan hal yang asing lagi. Dengan Perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini Guru Sangat dipermudah dalam membuat media Pembelajaran berbasiskan TIK. Dengan alat bantu ini diharapkan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari suatu materi atau mampu menstimulus siswa, mampu mengikuti kemajuan Teknologi informasi, membantu pemahaman siswa mempelajari suatu materi dengan ilustrasi, gambar,video atau animasi di rumah, mempermudah guru dalam melakukan pengajaran di kelas dan menumbuhkan tradisi pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Banyak jalan untuk membuat media pembelajaran interaktif. Softwarenya juga beraneka macam seperti macromedia flash, power point, dan lain sebagainya.

Postingan kali ini kami perkenalkan sebuah authoring tool untuk membuat konten E learning yaitu Lectora Inspire. Mungkin bagi para guru sudah tidak asing lagi. 

Apa itu Lectora

Lectora adalah alat pengembangan pembelajaran elektronik (elearning) , juga dikenal sebagai perangkat lunak authoring, dikembangkan oleh Trivantis Corporation. Lectora digunakan untuk membuat kursus pelatihan online, penilaian, dan presentasi. Hal ini juga bisa digunakan untuk konversi dari presentasi Microsoft PowerPoint ke dalam konten elearning.

Konten yang dikembangkan dengan Lectora authoring software dapat dipublikasikan ke berbagai output seperti HTML, Single File executable, dan CD-ROM. Konten Lectora kompatibel dengan standar industri elearning, seperti SCORM (Sharable Konten Obyek Referensi Model) dan AICC (Komite Pelatihan Berbasis Komputer Industri Penerbangan). Selain itu, Lectora kompatibel dengan sistem manajemen pembelajaran berbasis standar (LMS) di pasar.

Lectora juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan berbagai file multi-media untuk membuat konten lebih menarik.




Lectora diproduksi dan dirilis pada tahun 1999 oleh Trivantis Corporation, yang didirikan oleh Timothy D. Loudermilk di Cincinnati, Ohio. Saat ini, produk tersebut akan dijual ke perusahaan-perusahaan, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, dan organisasi non-profit di lebih dari 60 negara.

Pada tahun 2000, Lectora menjadi yang pertama sistem authoring AICC-bersertifikat di pasar. Pencapaian ini memberikan Lectora kredibilitas yang dibutuhkan untuk mendapatkan penerimaan dalam industri elearning.

Sejak tahun 2000, Trivantis telah merilis versi baru dan diperbarui dari Lectora pada awal setiap tahun, yang berisi setidaknya 50 fitur baru. Pada tahun 2008, bagaimanapun, Trivantis pindah terus-menerus "perawatan track" filosofi dimana fitur Lectora baru dan update yang dirilis sepanjang tahun, daripada memiliki satu rilis besar produk.

Meskipun Lectora diciptakan untuk memungkinkan non-programmer untuk mengembangkan konten elearning, versi terbaru dari produk juga mencakup fitur-fitur canggih untuk pengguna yang berpengalaman.


Versi Lectora meliputi:

     Lectora Inspire - Lectora Inspire mencakup semua fitur dan fungsi termasuk dalam Lectora Penerbit dan juga termasuk Camtasia ® untuk Lectora, SnagIt ® untuk Lectora, dan flypaper ™ untuk Lectora.

     Lectora Profesional Publishing Suite - Lectora Profesional Publishing Suite mencakup semua fitur dan fungsi termasuk dalam Lectora Penerbit dan juga mencakup seperangkat alat editing media.

     Lectora Penerbit - Lectora Publisher adalah versi standar Lectora.

Produk Add-Ons:

     Lectora Integrator untuk Microsoft PowerPoint - Lectora Integrator langsung mengkonversi presentasi PowerPoint langsung ke Lectora sehingga pengguna dapat mengubah presentasi dan materi warisan ke konten elearning.

Kunjungi webnya di http://lectora.com/lectora-inspire-free-trial/

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Lectora
MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN LECTORA INSPIRE 4.5 5 Juli anto Minggu, 18 Agustus 2013 Bagi Guru Multimedia Pembelajaran adalah bukan merupakan hal yang asing lagi. Dengan Perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini Guru...


Copyright © Semangat Belajar. All Rights Reserved.Theme by CB Design