TAUBAT DARI KESYIRIKAN

 on Sabtu, 03 Januari 2015  


Orang yang berbuat syirik dan meninggal dunia tanpa bertaubat maka dosanya tidak akan diampuni,. Namun apabila sebelum meninggal ia bertaubat dari dosa kesyirikannya maka Alloh akan mengampuni dosa-dosanya bagaimanapun besar dosa tersebut.

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
Sesungguhnya Alloh tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.
(QS. An Nisa’: 48).
Taubat nasuha ialah taubat yang terpenuhi didalamnya 3 syarat:
  1. Menyesal atas dosa yang telah dilakukan,
  2. Meninggalkan dosa tersebut,
  3. Bertekad untuk tidak mengulanginya,
Mungkin diantara kita memiliki masa lalu yang penuh dengan kesyirikan, namun jangan sampai kita berputus asa. Berusahalah dengan sekuat tenaga  untuk meraih ampunan dari Alloh yang maha pengampun lagi maha penyayang.


قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya Alloh mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(Qs. Az-Zumar : 53)


Ayat ini mengabarkan bahwa Allah akan mengampuni seluruh dosa bagi siapa yang ingin bertaubat dari dosa-dosa tersebut, walaupun dosa tersebut amat banyak, bagai buih di lautan. Sahabat nabi tidak semuanya lahir dalam keadaan islam.  Bahkan banyak diantara mereka yang masuk islam ketika sudah besar dan sebelumnya dalam kesyirikan. Setelah islam datang mereka tinggalkan kesyirikan menuju ketauhidan. Supaya tidak terjerumus dalam lembah kesyirikan maka seseorang harus mempelajari tauhid dan mengetahui jenis-jenis kesyirikan sehingga bisa menjahui kesyirikan. 

Klik Tombol Print atau Pdf untuk ambil artikel Print Friendly and PDF
TAUBAT DARI KESYIRIKAN 4.5 5 Juli anto Sabtu, 03 Januari 2015 Orang yang berbuat syirik dan meninggal dunia tanpa bertaubat maka dosanya tidak akan diampuni,. Namun apabila sebelum meninggal ia be...


Copyright © Semangat Belajar. All Rights Reserved.Theme by CB Design