NASEHAT 7 : PENTINGNYA MEMPELAJARI AKHLAK

 on Rabu, 17 Desember 2014  


Diantara yang menunjukkan pentingnya pembahasan mengenai akhlaq adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: (albirr adalah akhlaq yg baik…)
Hadits yang mulia ini mununjukkan bahwa beradab kepada ALLAH dan beriman kepadaNya serta beribadah hanya kepadaNya termasuk ke dalam akhlaq yang mulia karena kata “albirr” mencakup seluruh ketaatan kepada ALLAH baik amalan hati atau batin maupun amalan zhahir atau anggota badan.


"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan (albirr), akan tetapi sesungguhnya kebajikan (albirr) itu adalah beriman kepada ALLAH, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan memerdekakan hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar imannya dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (QS Al Baqarah 177)

ayat ini menjelaskan bahwa albirr meliputi rukun-rukun iman, ibadah seperti shalat dan berbuat baik kepada manusia dan makhluk.

Inilah makna perkataan ‘Aisyah (akhlaq Nabi adalah al Quran) (HR. Ahmad) maksudnya Nabi beradab dengan adab Al Quran, mengerjakan seluruh perintah ALLAH dan menjauhi laranganNya, maka ‘Aisyah menjadikan beramal dengan al Quran sebuah akhlak yang mulia.

Inilah makna akhlak yang dipahami salafusshalih (shahabat, tabiin, tabi’ut tabi’in), mereka membagi akhlak menjadi 2:
1.Akhlak kepada ALLAH
2.Akhlak kepada makhluk

Berangkat dari makna akhlak ini, kita mengetahui bahwa barang siapa yang selalu berbuat baik kepada manusia dan gemar membantu sesama tapi ia melakukan kesyirikan atau ia tidak mengerjakan shalat atau ibadah yang lainnya maka dia belum memiliki akhlak yang mulia, dia tidak berakhlak kepada Rabbnya dan ALLAH lah dzat yang paling berhak untuk dipersembahkan dengan akhlak yang mulia, bukankah Dia yang telah menciptakan kita? Dia yang telah memberikan kita rizki? Dia yang telah memberikan kita kebahagian dan kesempatan menghamba kepadaNya di dunia ini?
Marilah kita menjadi hamba yang berakhlak kepada Rabbnya dan menjadi manusia yang berakhlak kepada sesama.

(Disarikan dari penjelasan Ibnu Rojab dalam Jamiil Ulum & Ibnu Qoyyim dalam tahdzibissunan dengan perubahan redaksi Salam Dakwah)
Penulis: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, Lc, حفظه الله تعالى
Sumber: fb Radio Suara Al-Iman Surabaya , https://www.facebook.com/radiosuaraaliman/posts/732237873528841
NASEHAT 7 : PENTINGNYA MEMPELAJARI AKHLAK 4.5 5 Semangat Belajar Rabu, 17 Desember 2014 Diantara yang menunjukkan pentingnya pembahasan mengenai akhlaq adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: (albirr adalah akhlaq...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Semangat Belajar. All Rights Reserved.Theme by CB Design