MENGAPA HARUS MALU

 on Minggu, 06 Maret 2016  

http://2.bp.blogspot.com/-QjznBj2zNWw/U8c5C18YKxI/AAAAAAAAATg/JxHupWtS6ys/s1600/we-love-our-quran-.pngSebagian kita mungkin pernah mendapati seorang ibu-ibu atau bapak-bapak yang sudah berumur, namun ia belum lancar mengaji, belum paham benar tatacara berwudhu atau shalat sesuai tuntunan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Ketika ia diajak belajar mengaji atau menghadiri majelis ilmu, ternyata ia malu.

Ia berkata, “malu saya, ngajinya belum lancar”, “nggak ah, saya malu,” atau jawaban lain semisalnya.

Bapak, Ibu, mengapa malu? Justru kalau tidak dimulai dari sekarang, semakin berumur akan lebih malu lagi. Justru kalau ditunda terus sementara ibadahnya belum bagus, akan lebih malu lagi nanti di hadapan Allah. Justru, kalau kita tidak belajar dari sekarang, dikhawatirkan meninggal dunia dalam kebodohan dan jauh dari agama. Oleh karena itu, janganlah kita malu dari menuntut ilmu, meski diri sudah berumur.

Bila malu belajar bersama-sama, Bapak bisa belajar sendiri di hadapan Ustadz atau seorang teman yang berilmu secara empat mata, sehingga tidak ada yang melihat, cukup hal tersebut menjadi rahasia berdua.

Jika malu berbuat salah ketika belajar bersama-sama, Ibu bisa meminta waktu kepada tetangga yang lebih pintar atau belajar di depan Ustadzah, sehingga tidak perlu malu karena orang-orang di sekitar tidak tahu.

๐Ÿ’ง Tidak perlu malu kalau salah, sebab semua orang berpotensi untuk salah.

๐Ÿ’ง Jangan malu jika harus mengulang dari Iqro’ satu, insya Allah setelah beberapa bulan akan lancar membaca al-Qur’an.

๐Ÿ’ง Jangan malu jika butuh waktu lama ketika menghafal doa dan bacaan shalat, insya Allah proses yang lama tersebut akan diganjar banyak pahala oleh Allah ta’ala.

๐Ÿ’ง Jangan pernah malu dari menuntut ilmu, sebab malu tersebut dapat menghalangi diri dari mendapatkan ilmu.

Mujahid rahimahullah mengatakan:

ู„َุง ูŠَุชَุนَู„َّู…ُ ุงู„ْุนِู„ْู…َ ู…ُุณْุชَุญْูŠٍ ูˆَู„َุง ู…ُุณْุชَูƒْุจِุฑٌ.

Tidak akan menuntut ilmu orang yang pemalu dan orang yang sombong. (HR. al-Bukhari)

"Yang pemalu", rasa malunya menghalangi dirinya dari menuntut ilmu. Sedangkan "yang sombong", karena ia merasa berilmu jadi tidak butuh lagi menuntut ilmu. Allahul-musta’aan.

Aisyah radhiyaAllahu anha berkata:

ู†ِุนْู…َ ุงู„ู†ِّุณَุงุกُ ู†ِุณَุงุกُ ุงู„ْุฃَู†ْุตَุงุฑِ ู„َู…ْ ูŠَู…ْู†َุนْู‡ُู†َّ ุงู„ْุญَูŠَุงุกُ ุฃَู†ْ ูŠَุชَูَู‚َّู‡ْู†َ ูِูŠ ุงู„ุฏِّูŠْู†ِ.

Sebaik-baik wanita adalah wanita kaum Anshor, rasa malu tidak menghalangi mereka untuk mendalami agama. (HR. al-Bukhari)

Perhatikanlah Ummu Sulaim, dia tidak malu untuk bertanya hal penting kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

ุนَู†ْ ุฃُู…ِّ ุณَู„َู…َุฉَ ุฃُู…ِّ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ุฃَู†َّู‡َุง ู‚َุงู„َุชْ: ุฌَุงุกَุชْ ุฃُู…ُّ ุณُู„َูŠْู…ٍ ุงู…ْุฑَุฃَุฉُ ุฃَุจِูŠْ ุทَู„ْุญَุฉَ ุฅِู„َู‰ ุฑَุณُูˆْู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَู‚َุงู„َุชْ: ูŠَุง ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ، ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„َุง ูŠَุณْุชَุญْูŠِูŠْ ู…ِู†ْ ุงู„ْุญَู‚ِّ، ู‡َู„ْ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…َุฑْุฃَุฉِ ู…ِู†ْ ุบُุณْู„ٍ ุฅِุฐَุง ู‡ِูŠَ ุงุญْุชَู„َู…َุชْ؟ ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: ู†َุนَู…ْ، ุฅِุฐَุง ุฑَุฃَุชْ ุงู„ْู…َุงุกَ.

Dari Ummu Salamah Ummul Mukminin bahwasanya ia pernah bercerita: “Ummu Sulaim istri Abu Tolhah datang menemui Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam lalu bertanya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu dari kebenaran, apakah seorang wanita wajib mandi apabila dia mimpi basah?” Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab: “Iya, apabila ia melihat air (mani).” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Kalau tidak belajar sekarang maka kapan lagi? Mari kita jadikan malu tersebut sebagai motivasi untuk semakin semangat dalam belajar agama. Ayo terus menuntut ilmu dan mengamalkannya. Jika nyawa kita dicabut dalam keadaan sedang menuntut ilmu, semoga menjadi husnul khotimah yang indah bagi kita.

Semoga Allah memudahkan jalan menuntut ilmu bagi kita dan memberikan taufik kepada kita untuk mengamalkannya. Aamiin.



✅ Bagian Indonesia
๐Ÿ  ICC DAMMAM KSA
๐Ÿ“… [ 25/05/1437 H ]
============================
๐Ÿ”น WhatsApp๐Ÿ”น Telegram
ICC DAMMAM KSA



♻Republished by MRA Al-Jafari Al-Alabi
๐Ÿ“Grup WA & TG Dakwah Islam
๐Ÿ“ฉTG Bot : @DakwahIslam_Bot
๐ŸŒTG Channel : @DakwahIslam

Klik Tombol Print atau Pdf untuk ambil artikel Print Friendly and PDF
MENGAPA HARUS MALU 4.5 5 Semangat Belajar Minggu, 06 Maret 2016 Sebagian kita mungkin pernah mendapati seorang ibu-ibu atau bapak-bapak yang sudah berumur, namun ia belum lancar mengaji, belum paham ben...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Semangat Belajar. All Rights Reserved.Theme by CB Design