MENGENAL ISLAM INDAHNYA ISLAM (Bagian 1)

 on Kamis, 18 Oktober 2012  









MENGENAL ISLAM
INDAHNYA ISLAM (Bagian 1)
n
Kehidupan ini adalah sebuah perjalanan yang akan megantarkan kita semua kepada kehidupan yang kekal dan abadi. Mengantarkan kepada kehidupan yang sebenarnya yang di dalamnya tidak ada lagi kematian. Kehidupan yang kami maksud adalah kehidupan kelak di kampung akhirat.
Sudah menjadi fitrah manusia bahwasanya ia menginginkan kebahagian, ketentraman, dan kedamaian di setiap putaran detik dalam kehidupannya di dunia maupun nanti di akhirat. Dari hal ini timbul pertanyaan-pertanyaan dari dalam diri manusia:

-          Bagaimana aku bisa hidup bahagia ?
-          Dengan apakah aku bisa hidup bahagia?
-          Apa yang membuat aku bahagia di dunia dan akhirat?

Satu jawaban saja yaitu dengan Agama Islam
Bagaimana kita bisa hidup bahagia di dunia dan akhirat? Didalam Agama Islam telah dijelaskan
Dengan apkah kita bisa bahagia? Di dalam Agama Islam telah dijelaskan
Apa yang membuat kita bahagia? Islam telah menjelaskan.
Islam telah menjelaskan dan menunutun kepada kebahagian serta meraih ridha Alloh Subhanahu wa ta’ala.

Lalu apakah Islam itu?

ISLAM   menurut bahasa, Islam berarti masuk dalam kedamaian.
Dikatakan أسلم أمره إلى الله  artinya menyerahkan perkaranya kepada Alloh.
Sedangkan secara Etimologi, Islam bermakna
الإستسلام لله بالتوحيد والإنقياد له بالطاعة والخلوص من الشرك
‘’Berserah diri kepada Alloh dengan tauhid dan patuh pada-Nya dengan ketaatan  serta membersihkan diri dari kesyirikan”
Alloh berfirman di dalam Surat An-Nisa’ ayat 125:
وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا
Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Alloh, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Alloh mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.
Agama Islam adalah satu-satunya agama yang diridhai oleh Alloh
Firman Alloh:
إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ
“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Alloh hanyalah Islam” (Al-Imran:19)

Islam mengantarkan kepada kedamaian dan ketentraman. Islam mengantarkan umat manusia kepada kehidupan yang baik. Alloh telah menjanjikan kepada hambanya laki-laki maupun perempuan yang berbuat kebaikan dan dia mukmin dengan Kehidupan yang baik dan balasan yang lebih baik kelak di akhirat.
Alloh berfirman:
مَنْ عَمِلَ صَالِحاً مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ}
“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. ” (QS. An-Nahl: 97).

Kehidupan yang baik akan bisa kita raih dengan kita berpegang teguh kepada tali agama-Nya yaitu Islam.

Alloh berfirman
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ}
“Hai orang-orang beriman, penuhilah seruan Alloh dan seruan Rasul-Nya yang mengajak kamu kepada suatu yang memberi (kemaslahatan) hidup bagimu.” (QS. Al-Anfaal: 24).

Imam Ibnul Qayyim – semoga Alloh Subhanahu wa Ta’ala merahmatinya – berkata, “(Ayat ini menunjukkan) bahwa kehidupan yang bermanfaat hanyalah didapatkan dengan memenuhi seruan Alloh dan Rasul-Nya shallAllohu ‘alahi wa sallam. Maka barangsiapa yang tidak memenuhi seruan Alloh dan Rasul-Nya maka dia tidak akan merasakan kehidupan (yang baik). Meskipun dia memiliki kehidupan (seperti) hewan yang juga dimiliki oleh binatang yang paling hina (sekalipun). Maka kehidupan baik yang hakiki adalah kehidupan seorang yang memenuhi seruan Alloh dan Rasul-Nya secara lahir maupun batin.

Jika seorang ingin meraih kebahagian di dalam kehidupannya di dunia dan di akhirat kelak maka penuhilah seruan dari Alloh dan Rasul-Nya. Kita bisa mengetahui seruan Alloh Dan Rasul-Nya yaitu dengan ISLAM dan kita mempelajarinya dengan penuh kesungguhan.
Agama Islam adalah kunci kebahagian maka teguhlah dalam memegang tali Agama Alloh. Raihlah Kebahagian yang hakiki dengan kita mengamalkan Islam dengan sebenarnya.
Wallohu a’lam
Bersambung


MENGENAL ISLAM INDAHNYA ISLAM (Bagian 1) 4.5 5 Juli anto Kamis, 18 Oktober 2012 MENGENAL ISLAM INDAHNYA ISLAM (Bagian 1) n Kehidupan ini adalah sebuah perjalanan yang akan megantarkan kita semua kepada kehi...


Copyright © Semangat Belajar. All Rights Reserved.Theme by CB Design