BAB 2 : ASMAUL HUSNA KELAS 3 SEMESTER I

 on Minggu, 23 Juni 2013  

Di antara tanda-tanda kekuasaan Allah adalah alam semesta ini. Dengan merenungkan kejadian-kejadian di alam semesta ini, kalian akan semakin yakin dengan kebesaranAllah. Untuk mengenal tanda-tanda kekuasaan Allah, kalian harus tahu sifat-sifat Allah yang jumlahnya  99 disebut  AI-Asma’ Al-Husna namun jumlah ini bukan batasan nama dan sifat Allah akan tetapi Allah memiliki nama dan sifat lebih dari 99. Kali ini kita akan belajar sifat-sifat Allah Al-Mushawwir, Al-Halim, dan Al-Karim.

Sifat-sifat Allah dalam Asmaul Husna
Asma’ berarti nama. Husna berarti baik atau indah. Jadi asma’ husna berarti nama sifat-sifat Allah yang baik dan indah. Allah memiliki 99 asmaul  husna. Kalian sebagai orang islam harus tahu Asmaul Husna. Allah akan memberikan pahala yang besar kepada orang yang membaca dan menghafalnya.
  •    المُصَوِّرُ

Al-Mushawwir artinya Yang Maha Pembentuk.
Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam Al-Quran sebagai berikut :

هُوَ الَّذِي يُصَوِّرُكُمْ فِي الأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاء لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
Artinya :
“Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

Tidak ada satu pun makhluk Allah yang mampu mebuat makhluk lainnya. Contohnya, manusia tidak akan mampu menciptakan manusia yang lain. Apalagi menentukan bentuk wajah dan warna kulit, manusia tidak mampu melakukannya. Allah-lah yang mampu menciptakan dan membentuk tubuh manusia. Kita wajib mensyukuri semua nikmat pemberian Allah. Tubuh, mata, mulut, hidung, kulit kita semuanya adalah pemberian Allah kita harus mensyukurinya. Kita tidak boleh berbangga diri terhadap yang lain. Kita tidak boleh mencela orang lain karena bentuk wajah dan tubuhnya. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling baik dan sempurna. Allah tidak melihat bentuk dan wajah kamu tapi Allah melihat hati dan amal kamu. Manusia yang baik adalah manusia yang hati dan amalnya baik.

Lihatlah, ketika kita pergi pantai atau laut disana kita akan dapatkan berbagai macam hewan yang bentuk dan rupanya amat berbeda.

Coba kamu perhatikan betapa Allah sanggup menciptakan, ribuan jenis pepohonan, seperti yang
terdapat di hutan!

Setiap makhluk diciptakan sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai makhluk Allah.
Kerbau dikaruniai badan besar dan kaki yang kuat agar dapat membantu petani menbajak sawah tetapi kerbau tidak berakal seperti manusia.

Unta mempunyai leher panjang sebagai tempat menyimpan air karena unta hidup di padang pasir yang  jarang air.


Demikian juga manusia, diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal di antara mereka, hanya taqwalah yang membedakan di antara mereka.


  •           الحَلِيْمُ

Setiap makhluk dikaruniai Allah rasa kaih sayang. Setiap orang tua menyayangi anak-anaknya sendiri. Tdak hanya manusia yang memiliki rasa kasih sayang akan tetapi hewan pun juga memiliki rasa kasih sayang. Contohnya  Harimau juga dikaruniai Allah rasa kasih sayang.
Dan yang paling besar kasih sayang adalah kasih sayang Allah terhadap makhluk-Nya. Walaupun manusia sering berbuat salah, Allah tetap memeri kesempatan hidup dan kesempatan untuk bertaubat kepada-Nya.
Allah berfirman:
لَا يُؤَاخِذُكُمُ اللَّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَٰكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا كَسَبَتْ قُلُوبُكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ
Artinya :
Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.
Itulah bukti bahwa Allah memiliki sifat الحَلِيْمُ, artinya Maha Penyantun.
Allah juga tetap memberi rezeki terhadap orang yang ingkar atau berbuat jahat. Misalnya pencuri, penipu, orang musyrik, munafik dan lain-lain.

Kepada  binatang dan tumbuhan, Allah juga Maha penyantun. Tidak ada satu binatang atau tumbuhan yang  kelaparan, karena rezekinya selalu dijamin oleh Allah.

Karena itulah kita sebagai manusia harus banyak bersyukur dan saling menyayangi sesama manusia atau kepada makhluk lain seperti binatang dan tumbuhan.


Allah sangat mencintai hamba-hambanya yang penyantun. Oleh karena itu kita harus selalu menyayangi dan bersifat penyantun kepada semua yang ada disekeliling kita baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan. 
BAB 2 : ASMAUL HUSNA KELAS 3 SEMESTER I 4.5 5 Juli anto Minggu, 23 Juni 2013 Di antara tanda-tanda kekuasaan Allah adalah alam semesta ini. Dengan merenungkan kejadian-kejadian di alam semesta ini, kalian akan semak...


Copyright © Semangat Belajar. All Rights Reserved.Theme by CB Design